Photobucket

25 Februari 2011

istana di jepang

1. Gusuku
Gusuku atau suku adalah sebutan dalam bahasa Okinawa untuk kastil atau benteng. Gusuku terdapat di bekas wilayah Kerajaan Ryukyu, termasuk di Kepulauan Amami (Prefektur Kagoshima) dan Kepulauan Yaeyama (Prefektur Okinawa). Fungsi gusuku sebagai istana kediaman resmi aji (penguasa) dan raja-raja Ryukyu sepanjang zaman Sanzan.

2. Istana Heian
Istana Heian atau Daidairi adalah istana kekaisaran di ibu kota Jepang Heian-kyō (Kyoto)Istana ini berfungsi sebagai tempat kediaman resmi kaisar dan pusat administrasi Jepang selama zaman Heian (794-1185). Istana berada di kawasan tertutup yang dikelilingi tembok. Di dalamnya terdapat beberapa gedung upacara dan administrasi, termasuk kantor-kantor kementerian. Istana Dalam yang disebut Dairi dikelilingi tembok terpisah, dan merupakan kompleks kediaman Kaisar Jepang. Selain tempat tinggal kaisar, Dairi merupakan tempat kediaman istri-istri kaisar serta gedung-gedung yang dipakai kaisar dalam melaksanakan tugas resmi dan seremonial.


3. Istana Himeji
Istana Himeji adalah sebuah istana yang terletak di kota Himeji, Prefektur Hyogo, Jepang. Pesona keindahan plesteran berwarna putih yang mendominasi tembok-tembok istana menjadikan Istana Himeji mempunyai sebutan lain "istana burung kuntul putih". Istana Himeji merupakan salah satu contoh peninggalan arsitektur istana dari awal abad ke-17 yang paling penting.


4. Istana Hirosaki
Istana Hirosaki adalah istana di Kota Hirosaki, Prefektur Aomori, JepangIstana ini dibangun pertama kali pada tahun 1611, dan merupakan istana tempat tinggal klan Tsugaru sekaligus kantor pemerintahan Domain Hirosaki. Nama lain istana ini adalah Istana Takaoka.Di Istana Hirosaki terdapat lebih dari 2.600 batang pohon sakura, dan terkenal di seluruh Jepang sebagai tempat melakukan hanami.

5. Istana Hiroshima
Hiroshima Castle atau sering disebut istana ikan Koi adalah istana yang terletak di kota Hiroshima, Prefektur Hiroshima, Jepang.Pertama kali dibangun pada tahun 1589,Bom atom yang dijatuhkan di kota Hiroshima pada tanggal 6 Agustus 1945 menghancurkan seluruh bangunan istana. Istana yang ada sekarang merupakan replika yang dibangun pada tahun 1958 dan berfungsi sebagai museum sejarah Hiroshima periode sebelum Perang Dunia II.Menara utama yang berwarna hitam seperti warna ikan koi atau parit di sekeliling istana yang banyak terdapat ikan koi menjadi alasan Istana Hiroshima dikenal sebagai istana ikan koi.

6. Istana Kumamoto
Istana Kumamoto adalah istana di Kumamoto, Prefektur Kumamoto, Jepang, yang dibuka untuk umum.


7. Istana Matsue
Istana Matsue adalah istana feodal di Matsue, prefektur Shimane, Jepang. Dijuluki "istana hitam", istana ini adalah salah satu dari sedikit istana abad pertengahan di Jepang tetap dalam bentuk kayu awalnya, dan bukan merupakan rekonstruksi modern.


8. Istana Matsumoto
Istana Matsumoto adalah istana yang terletak di kota Matsumoto, Prefektur Nagano, Jepang. Kasitl ini dapat dijangkau dari Tokyo melalui jalan dan kereta api.

9. Istana Nagoya
Istana Nagoya adalah istana yang terletak di kota Nagoya, Prefektur Aichi, Jepang.Istana Nagoya disebut-sebut sebagai salah satu dari 3 istana terbaik di Jepang yang pernah dibangun Kato Kiyomasa dan Tōdō Takatora. Dua istana lainnya adalah Istana Osaka dan Istana Kumamoto. Di atas atap menara utama terdapat dua ekor shachi (ikan legenda berkepala harimau) dari emas murni, sehingga Istana Nagoya terkenal sebagai Istana Shachi Emas atau Istana Emas. Ikan shachi dari emas juga merupakan lambang kota Nagoya.

10. Istana Jepang
Istana Jepang adalah bangunan besar yang dibangun menggunakan kayu dan batu sebagai bahan bangunan yang utama, dan dirancang sebagai pusat pertahanan sewaktu musuh datang menyerang. Di masa perang dijadikan markas besar, tempat menyimpan dana keperluan perang, serta pusat penyimpanan perbekalan seperti makanan dan amunisi. Istana yang dianggap penting dijadikan tempat kediaman panglima perang, pusat pemerintahan dan tempat pengumpulan informasi tentang situasi perang. Sama halnya seperti kastil di Eropa, istana di Jepang umumnya dibangun di dekat jalan utama atau di pinggir sungai untuk kemudahan transportasi dan menjaga wilayah yang dianggap strategis.

11.Istana Osaka (大阪城, Ōsaka-jō?) adalah istana yang terletak di dalam Taman Istana Osaka, distrik Chuo-ku, kota Osaka, Jepang.Istana Osaka merupakan bangunan peninggalan budaya yang dilindungi oleh pemerintah Jepang. Menara utama Istana Osaka yang menjulang tinggi merupakan simbol kota Osaka.Istana Osaka dimanfaatkan sebagai istana sekaligus benteng sejak zaman Azuchi Momoyama hingga zaman Edo.


12. Istana Shuri
Istana Shuri (bahasa Okinawa: /suigusiku/[1], bahasa Jepang: 首里城 Shurijō) adalah istana bekas milik Kerajaan Ryukyu di Shuri, Okinawa, Jepang. Istana ini termasuk salah satu gusuku yang ada di Kepulauan Ryukyu. Dalam Pertempuran Okinawa 1945, Istana Shuri seluruhnya hancur akibat serangan Sekutu. Hanya beberapa tembok setinggi beberapa puluh sentimeter yang tersisa seusai perang. Pada tahun 1992, istana ini dibangun kembali di lokasi semula berdasarkan foto dan catatan sejarah.

Ada sekitar 5000 istana di Jepang, tetapi sekarang hanya ada sekitar 50 yang masih tersisa.


Source :
http://id.wikipedia.org/
http://www.indowebster.web.id/
http://kaskusnews.us/
http://www.google.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar